Adaptive Video Streaming



Di era ini hampir semuanya menggunakan internet tentunya jika anda sedang ingin melihat video - video anda bisa melakukan streaming . streaming bukan hal yang tabu lagi sekarang , streaming sudah banyak digunakan misalnya ketika kita ketinggalan acara bola hehe (ketiduran) dan masih banyak lagi . kali ini saya akan menjelaskan tentang Adaptive Video Streaming . 

Video streaming adalah sebuah komunikasi yang dilakukan melalui broadcast akses internet untuk menghasilkan sebuah gambar, video streaming bukan hal yang baru bagi kita di tanah air (Indonesia), sejak munculnya 3G (Generasi ke Tiga) pada sebuah telephone seluler video streaming bagaikan jamur bertumbuhan dimana-mana, hingga kepelosok tanah air. sebenarnya mudah menggunakan streaming kita hanya perlu memakai internet yah walau nguras kuota :'( . dalam proses streaming terdapat teknologi yang bernama  Adaptive Video Streaming .

Adaptive Video Streaming 

Adaptive Video Streaming atau juga dikenal sebagai Adaptive Bit Rate (ABR), adalah penggunanan multiple bit rate encoding system disesuaikan dengan bandwidth yang dilalui. Berbeda dengan konsep encoding biasa, dimana hanya menggunakan singgle bit rate, ABR akan meng-encode video dengan multiple profil dari yang terendah sampai dengan tertinggi dengan kualitas HD.implikasi dari teknologi tersebut adalah suatu experience baru hampir tanpa buffering, atau click & watch. Pada saat video diakses, system ABR akan mengirimkan file video terendah untuk dilalui ke jaringan internet. Penonton akan mendapatkan video dengan kualitas rendah sesaat setelah channel atau movie di akses. Seiring dengan ketersediaan bandwidth, kualitas video akan membaik sampai dengan kualitas terbaiknya sesuai dengan bandwidth yang tersedia.  

Gambar terkait
cara kerja adaptive video streaming
Sebagai contoh, jika buffer video penuh dan utilisasi CPU yang rendah, teknologi adaptif streaming dapat beralih ke aliran kualitas yang lebih tinggi untuk meningkatkan pengalaman menonton. Jika buffer turun di bawah tingkat tertentu, atau paku utilisasi CPU di atas batas tertentu, teknologi dapat beralih ke aliran kualitas yang lebih rendah.  Perusahaan perusahaan media sudah mulai menggunakan adaptif bit teknologi tingkat selama beberapa tahun sekarang dan memiliki pada dasarnya menjadi standar berlatih untuk high-end penyedia layanan streaming; memungkinkan kecil buffering ketika streaming high-resolution feed ( dimulai dengan low-resolution dan climbs).


Contoh Dari Adaptive Video Streaming beserta kekurangan & Kelebihan 

  • Mivo televisi 
Kelebihan : Akses non stop selagi 24 jam, channel lebih komplit & tidak sedikit, pengaksesan 
terbatas, tidak takut ketinggalan siaran tv, praktis & efisien 

Kekurangan : server jadi penuh & koneksinya lambat, memanfaatkan budget akses internet 
Menciptakan Tv Online Indonesia Sendiri 

  • Veoh.com
Kelebihan : Video streaming dalam resolusi kualitas tinggi . File-file video asli dapat di-download dan disimpan ke hard drive. Pengguna konten disampaikan dapat tertanam dalam blog dan website , berbagi langsung dengan teman-teman , dan disimpan ke dalam daftar favorit pribadi .

Kekurangan : situs ini hanya untuk pengguna yang tinggal di AS .

  • Metacafe.com
Kelebihan : Metacafe memiliki sistem pembayaran pageview populer, yang memungkinkan pengguna untuk dikompensasikan untuk video mereka . Selain itu, video dapat didownload dengan link di bawah video atau tertanam pada blog atau website . Website memiliki banyak tutorial berkualitas tinggi . 

Kekurangan : banyak video yang terdapat di youtube 

  • Vimeo.com
Kelebihan : Vimeo memiliki antarmuka yang mudah menavigasi , kemampuan untuk membuat dan kelompok video yang moderat , mendukung video definisi tinggi , hingga 1GB upload video untuk account premium , forum komunitas , dan basis pengguna yang artistik . 

Kekurangan : Karena Vimeo begitu sering digunakan untuk meng-upload file film besar, dapat mengambil lebih dari satu jam untuk mengkonversi video tunggal .

  • youtube.com 
Kelebihan :  Youtube menawarkan aspek rasio 16:9 , pemutaran video berkualitas tinggi, dukungan untuk hampir semua format video, khalayak yang besar untuk video Anda, kemampuan untuk menanamkan pada sebuah blog atau website , fitur video balasan, halaman video pribadi disesuaikan, kemampuan untuk membatasi akses video.

Kekurangan : karena website ini yang sangat populer , ada yang menyebabkan kelebihan komentar(spam) 

Terima Kasih , Semoga Bermanfaat 



Referensi :

https://simpleflux.blogspot.co.id/2016/02/video-streaming.html


https://en.wikipedia.org/wiki/Adaptive_bitrate_streaming


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Grafik Komputer Dan Pengolahan Citra

motorrrrrr

VCLASS - POST TEST KENDALI DAN AUDIR SISTEM INFORMASI (KASI)