INTERNET MARKETING
internet marketing itu adalah pemasaran secara online
melalui internet. Namun, kalau kita sudah bicara pemasaran, berarti itu
bukan hanya penjualan tapi juga termasuk promosi, branding, dan membina
hubungan dengan pelanggan (customer service) yang dilakukan secara online.
Keuntungan internet marketing bagi perusahaan adalah
bahwa internet marketing
menyediakan cara untuk melacak kemajuan Anda, melalui penjualan, promosi dan
iklan setiap hari. Itu membuat pemasaran Anda menjadi terukur yang sangat
berharga karena beberapa alasan. Untuk yang pertama, Anda dapat melihat apa
yang bekerja dan apa yang tidak dan dapat menyesuaikan karena itu. Kedua,
Anda dapat menargetkan pelanggan tertentu membuat pemasaran Anda lebih terfokus
dan secara mendasar lebih sukses.
Salah satu contoh-nya yaitu
perusahaan menggunakan sosial media sebagai sarana penguat bisnis , berikut
adalah alasan perusahaan mulai masuk kedalam sosial media yaitu :
1.
Mampu meningkatkan hubungan antara
perusahaan dengan konsumen. Seperti
dikatakan diatas, sosial media mampu merubah gaya komunikasi menjadi lebih
interaktif dan partisipatif, hal ini menyebabkan hubungan antara perusahaan
dengan konsumennya menjadi lebih intens, lebih personal dan setara
(horisontal). Media sosial memungkinkan konsumen untuk berkomentar langsung
dengan apa yang sedang dilakukan atau yang sedang terjadi dengan perusahaan
tersebut. Dengan menciptakan satu akun atau fanpages di Facebook atau bisa juga
dengan sebuah akun Twitter, sebuah brand bisa berkomunikasi dengan konsumen
dengan mudah dan dekat. Seperti yang dilakukan oleh SoyJoy dengan program
SoyJoy Healthylicious di twitter yang memungkinkan adanya percakapan secara
kontinu antara brand dengan konsumen dan konsumen dengan konsumen lainnya.
2.
Mampu mempercepat proses pembuatan
keputusan. Dengan melemparkan
sebuah topik atau survey akan sesuatu, maka konsumen dapat memberikan
pendapatnya akan sesuatu tersebut dengan cepat, sehingga memudahkan untuk dapat
membuat keputusan secara cepat. Sebagai contoh, Adrie Subono pemilik Java
Musikindo, melalui akun twitternya seringkali melemparkan sebuah gagasan
tentang event yang akan diadakan sehingga membuat para followernya ikut
memberikan pendapat-pendapatnya.
3.
Meningkatkan brand awareness dan user
engagement. Dengan sosial media,
maka sebuah brand mampu mengumpulkan komunitas-komunitasnya dalam satu wadah
tertentu, hal ini tentu saja akan memudahkan brand untuk melakukan promosi atau
sekedar untuk berinteraksi dengan konsumen. Sebagai konsumen pun merasa semakin
dilibatkan dalam berbagai hal, karena suaranya semakin mudah terdengar. Salah
satu pemanfaatan sosial media untuk peningkatan brand awareness dan user
engagement adalah dengan pembuatan Facebook fanpages. Akun
Facebook Groovy Nations digunakan sebagai media untuk menampung komunitasnya
dan sebagai media promosi.
4.
Memudahkan viral marketing. Sebuah riset menyebutkan bahwa per Januari 2011
sebanyak 53% tweet adalah sebuah re-tweet. Hal ini dapat diartikan bahwa sebuah
ide dapat berkembang lebih cepat dengan melemparkan ide tersebut di ranah twitterland. Sour Sally membuat satu tweet lewat
akunnya tentang informasi diskon yang berlangsung dan tweet tersebut langsung
menyebar sampai ribuan kali re-tweet.
5.
Menurunkan biaya. Sosial media meningkatkan efisiensi dari perusahaan,
antara lain mengurangi biaya komunikasi karena dengan sosial media setiap user
adalah “juru bicara”, dapat juga mengurangi biaya riset karena sosial media
memudahkan untuk melakukan survey langsung kepada konsumen dan mendapatkan
masukan langsung dari konsumen.
Oleh karena
itu sekarang banyak sekali perusahaan yang menggunakan sosial media sebagai
sarana untuk mengembangkan perusahaanya .
Komentar
Posting Komentar